Advertisement
Berikut Petikan berita ditahun 2006, yang sampai sekarang (Feb 09) mungkin masih relevan.
"[ Pemprov Banten Kurang Peduli Sektor Pariwisata
Akses ke Obyek Wisata Rusak dan Tak Diperbaiki
Anyer, Kompas - Pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota di Banten dinilai kurang memedulikan sektor pariwisata. Meski Banten memiliki banyak potensi wisata, hingga saat ini rencana induk pariwisata Banten belum juga disosialisasikan.Demikian salah satu hal yang mengemuka dalam acara pembentukan dan deklarasi Banten Community Tourism Board (BCTB) di Hotel Patrajasa Anyer, Minggu (6/8) malam. Kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap pariwisata juga terbukti dengan belum adanya kesepahaman antara pemerintah daerah dan pengelola industri pariwisata, baik pengelola hotel, restoran, maupun biro perjalanan wisata.]"
Potensi wisata di Banten sebenarnya sangat menjanjikan buat kemajuan perekonomian masyarakat banyak dan kemajuan Banten sendiri apabila dikelola dengan baik, kita bisa lihat contoh sedikit yang berikut ini (masih banyak yang belum tergali).

Objek Wisata Alam


Taman Nasional U
jung Kulon
Ujung Kulon merupakan salah satu taman nasional dan lokasi konservasi alam terindah di dunia. Di lokasi ini, kita dapat melihat keindahan hutan tropis. Badak bercula satu merupakan primadona daya tarik dari lokasi ini. Jika kita cukup bersabar, kita mungkin dapat melihatnya. Lokasi ini terdiri atas beberapa pulau kecil, beberapa di antaranya adalah pulau Peucang, Handeuleum, Panaitan, dan gunung Honje. Ciri khas taman nasional ini adalah perannya sebagai tempat berkembangbiaknya berbagai jenis hewan yang dilindungi, misalnya badak jawa, rusa, menjangan, banteng, primate, babi hutan, kucing hutan, lemur, dan berbagai jenis burung. Kawasan ini dapat dicapai melalui desa Panimbangan atau melalui jalan laut dengan perahu menuju pulau Peucang, Handeuleum, atau pulau Panaitan. Ujung Kulon telah dilengkapi dengan berbagai sarana jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih. Sarana pariwisata seperti penginapan, pusat informasi, pemandu wisata, dan sarana transportasi juga telah tersedia. UNESCO telah menyatakan bahwa area Ujung Kulon merupakan situs cagar alam dunia.

Pantai Anyer
Pantai Anyer merupakan salah satu objek wisata laut Banten yang terkenal. Tepian pantai Anyer memberikan kesejukan bagi para pengunjungnya. Beberapa olahraga air juga dapat dilakukan di sini, seperti wind surfing, jetsky, banana speed boating, traditional boating dan lainnya. Setiap tahun, di kawasan ini, diselenggarakan lomba memancing di selat Sunda. Daya tarik lainnya dari pantai Anyer ini adalah pesona mercusuar yang terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan ke berbagai kawasan wisata pantai. Mercusuar Anyer di desa Tambang Ayam, sekitar 35 km dari kota Serang, dibangun pada tahun 1885. Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas hotel berbintang, rumah makan dan home stay.

Pantai Carita
Pantai Carita memiliki panorama alam yang indah, pantai yang landai dengan ombak yang kecil. Di sepanjang pantai, kerap kali berlangsung berbagai atraksi wisata seperti Wisata Krakatau. Sebagian besar kawasan pantai dipenuhi villa dan bungalow milik perorangan. Fasilitas jalan menuju ke lokasi merupakan jalan negara dan jalan provinsi. Kawasan ini juga dilengkapi dengan jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih yang memadai.




Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong terletak sekitar 50 kilometer dari Serang atau sekitar 140 kilometer dari Jakarta pada ruas jalan utama Anyer-Carita. Di pantai ini, terdapat sebuah karang besar dengan lubang di tengah berupa gua yang berhadapan langsung ke arah laut lepas. Lubang tersebut kemungkinan disebabkan oleh letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Di atas batu karang terdapat tempat yang cukup untuk melakukan pengamatan dan juga terdapat hutan kecil tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.



Pantai Sawarna
Pantai Sawarna terletak di kecamatan Bayah, kabupaten Lebak. Pantai ini memiliki keunikan dibanding pantai-pantai lainnya di Banten, yaitu suasana yang masih alami, permukaan pantai yang landai, dan airnya yang jernih. Panjang pantai mencapai 65 km yang dihiasi oleh batu dan pasir putih. Di sekitar pantai terdapat desa wisata dan rumah-rumah penginapan yang bernuansa alami. Untuk menuju lokasi pantai, kita dapat melalui kota Rangkasbitung, Lebak, atau Sukabumi. Bila dari Jakarta, kita dapat menempuh salah satu dari dua jalur transportasi, yaitu Jakarta-Serang-Malingping-Bayah-Sawarna, atau Jakarta-Balaraja-Maja- Rangkasbitung-Malingping-Bayah-Sawarna. Dari Bayah ke Sawarna bisa menggunakan sarana transportasi ojeg.

Pantai Tanjung Lesung
Pantai ini memiliki panorama yang indah, alami, berpasir putih dan karang yang unik. Suasana dan kondisi kawasan wisata kabupaten Pandeglang ini cocok untuk kegiatan olah raga air (snorkelling, diving, dan jetsky). Di bagian utara dari Tanjung Lesung merupakan daerah perbukitan yang tidak begitu curam. Di sini terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk seperti danau seluas 12 ha dengan kedalaman 5 m dan dengan kondisi air yang tenang. Untuk menuju lokasi, kita dapat melalui jalan negara dan jalan propinsi yang mulus. Kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas penunjang yang memadai, seperti jaringan telekomunikasi dengan fasilitas layanan telekomunikasi interlokal dan internasional, jaringan listrik dan sarana air bersih.

Pulau Dua/Pulau Burung
Daya tarik utama kawasan ini adalah keindahan alam laut berupa gugus karang, berbagai jenis ikan laut, dan tentu saja berbagai jenis burung. Luas kawasan ini sekitar 30 ha. Setiap tahun antara bulan April dan Agustus, pulau ini dikunjungi oleh beribu-ribu burung dari 60 jenis yang berasal dari berbagai negara. Sekitar empat puluh ribu burung-burung tersebut terbang dari benua Australia, Asia, dan Afrika. Pulau Dua bisa dicapai dengan perahu tradisional atau perahu motor dalam waktu 15 s.d. 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen. Di kawasan ini, telah tersedia sarana jaringan listrik, telekomunikasi, dan air bersih.

Pulau Umang
Pulau Umang memiliki luas sekitar 5 Ha, dan terletak di kawasan objek wisata pantai Pandeglang, berdekatan dengan kawasan wisata Tanjung Lesung. Kawasan wisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta yang menyediakan berbagai fasilitas rekreasi dan hiburan yang menarik. Di pulau ini, terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang dan sebagainya. Selain itu, tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain. Kita dapat menuju ke pulau ini dengan relatif mudah. Perusahaan pengelola kawasan ini menyediakan rental mobil dari Jakarta menuju pulau ini, atau dapat juga dicapai dari kawasan Ujung Kulon.

Gunung Karakatau
Gunung Krakatau yang terletak di perairan selat Sunda merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di dunia, karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Suara letusan terdengar sampai ke kawasan benua Australia, bahkan awan panasnya menyelimuti beberapa kawasan Eropa selama seminggu. Ledakan dahsyat gunung Krakatau kemudian membentuk anak gunung yang kini dikenal sebagai Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928 yang hingga kini masih tetap aktif. Berada di selat Sunda, kawasan wisata alam ini mudah dicapai dari pantai Anyer-Carita sekitar satu jam dengan menggunakan perahu motor. Lokasi wisata ini menawarkan wisata alam seperti misalnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.

Rawadano
Rawadano terletak di kabupaten Serang, dan berjarak 101 km dari Jakarta. Kawasan ini merupakan kawasan yang didominasi rawa-rawa, juga terdapat sebuah danau. Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon. Pulau ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu;
• Jakarta - Cilegon - Anyer - Rawaadano,
• Jakarta - Serang - Padarincang - Rawadano, dan
• Jakarta - Serang - Anyer - Cinangka - Padarincang - Rawadano.

Sumber : http://www.tourism-mpu.com dll







9 komentar:

  1. Thanks banget infonya, paling jauh ke ujung kulon tuh...

    BalasHapus
  2. Mo nyari yang murah nich,, bisa makan n kasih tahu donk dapet fasilitas apa aja??

    BalasHapus
  3. Kalau dari jakarta ke tanjung Lesung baiknya lewat jalan mana?

    BalasHapus
  4. @anonymous: dari Jakarta ke Tanjung Lesung dapat ditempuh lewat beberapa rute. Tapi yang udah pada tahu dari Jakarta lewat tol, rute 1. keluar lewat tol Cilegon barat (masuk kompleks KS sedikit), selanjutnya lewat Anyer terus ke Selatan (bisa dilihat di map). Rute 2. keluar lewat tol serang timur selanjutnya bisa lewat jalur alternative lewat palima-baros-padarincang-gunungsari-mancak-cinangka- masuk jalur anyer Tj Lesung atau dari tol serang timur lewat taktakan-gunungsari-mancak-cinangka- masuk jalur anyer Tj Lesung (jalur yg lewat alternative ini lumayan sempit dan agak rusak di beberapa titik, belum pernah lihat bus besar lewat jalur ini). Cuma sekarang jalur Cilegon ke Tj Lesungnya (Jalur biasa)ada beberapa titip rusak & diperbaiki sehingga terdapat kemacetan di waktu tertentu.

    BalasHapus
  5. Appreciation to my father who informed me about this website, this website is genuinely amazing.


    Look at my weblog: cnbc fast money

    BalasHapus
  6. I think the admin of this website is in fact working hard for his
    site, for the reason that here every information is quality based data.


    Here is my weblog; Make money Online

    BalasHapus
  7. Thank you for sharing your thoughts. I really appreciate your efforts
    and I will be waiting for your further post thank you once
    again.

    Have a look at my web blog ... ways to Make extra money online

    BalasHapus
  8. Help to make the particular eating plan to day using 325 degrees.

    If you suffer when using these environment, a particular wheat-free food lifestyle could also be exactly what you'll want to stop your cumbersome problems. Is not going to saving so many mirth towards the make! All of these ovens are located in energy resource, electric battery powered as well as a mix together. You should check the fish to ascertain if it could been doing. Characteristically vast majority of recommendations absolutely need really 300 h to build baked cranberry sauce recipe.

    Also visit my page tabletop convection ovens compare (toasterovenpicks.com)

    BalasHapus
  9. Banten memang banyak tempat wisata bagus. Ada perumahan bagus tuh namanya Citra Maja Raya, rumah yang dijual murah , lokasinya strategis dan pasti dekat dengan aneka tempat wisata

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tapi jangan spam & anonym tq

 
Top