Advertisement
September tahun 2005, di sebuah perusahaan di Kawasan Industri Cilegon (KIEC). Seperti hari yang lain, Sabtu siang itu sekitar jam 12 menjelang bubaran kerja perasaan bosan dan jenuh serta sepi mulai datang (hari Sabtu masuk setengah hari). Gimana nggak boring, lha kerja di situ tidur juga di situ juga (mess perusahaan) dan ditemani bapak-bapak security. Biasanya tiap dua minggu sekali aku ke tempat saudara di Jakarta buat refreshing sekalian ketemu sama ponakan maklum masih jomblo.

Akhir pekan itu aku berdiam diri saja di mess sambil baca-baca koran, waktu itu ada artikel yang membahas website pribadi. Hanya saja tidak terpikir lebih jauh apa itu website pribadi. Baru pada hari senin sorenya, aku coba browsing di internet kantor mencari info website pribadi yang belakangan lebih dikenal dengan blog (weblog). Blog pertama kali yang aku kenal yaitu milik mas Enda Nasution. Hari-hari selanjutnya baca-baca blog hampir jadi aktivitas rutinku.

Sekitar satu bulan selanjutnya aku ditugaskan ke Batam Kepulauan Riau untuk menggantikan rekan yang tidak mau ditugaskan permanen di sana. Waduh apalagi ini, pikirku? Memang banyak hal tidak terduga yang aku alami semenjak hijrah ke Jakarta di awal Februari 2002 yang lalu. Baru dua minggu tinggal di Jakarta aku disambut banjir besar yang menimpa sebagian besar daerah Jakarta. Waktu itu katanya siklus banjir empat tahunan. Tapi sekarang tiap tahun sepertinya Jakarta banjir dan tidak menunggu empat tahun lagi, sudah tidak sabar kali yaa  .

Banyak hal baru yang aku alami selama di Batam, baik itu hal yang menyenangkan maupun yang menyedihkan termasuk didalamnya mendapat teman baru dari berbagai daerah. Ternyata jauh dari orang tua dan sanak keluarga membuatku berpikir dan berandai-andai punya pasangan hidup apalagi umur sudah mendukung. Tapi kapan ya? pacar saja belum punya yang tetap . Oh ya, selama di Batam aku tinggal di ”Apartement” (eh bukan tapi Rusun atau semacam penginapan  ) Lancang Kuning. Nah, di Warnet lantai dua Lancang Kuning inilah pertama kalinya aku bikin blog yang manalagi selain gratisan .

Berawal dari rasa ”kesepian” dan sekedar pengisi waktu luang, blogku dibuat. Ditengah perjalanan kemudian aku ingin blogku ini jadi arsip dari catatan perjalanan hidup yang sebagian besar mengalir begitu saja. Walaupun kita diwajibkan merencanakan dan berusaha mewujudkannya. Mungkin blogku tidak penting bagi orang lain, tapi aku akan menganggap blog orang lain sangat penting buatku. Itu dikarenakan tujuan dari blogku sekarang berkembang bukan hanya sekedar arsip pengingat peristiwa saja. Aku ingin dengan blogku ini akan semakin menambah banyak teman buatku. Untuk menguangkan blog? masih malu ah... belum terpikir, apalagi contentnya juga tidak bermutu.

Sampai sekarang pun aku masih belum bisa bertutur runut dan menarik, mungkin itu salah satu kendala yang ada didepan mata yang masih susah kuatasi. Jadi apabila ada ide yang menarik seringkali akan lama berputar-putar dikepala bingung akan mulai dari mana, terus akhirnya ide itu hilang sendiri tanpa bekas. Ibarat orang terkena amnesia ringan aku mulai mengumpulkan serpihan-serpihan peristiwa yang mungkin bisa jadi pelajaran buatku sendiri khususnya mungkin juga buat rekan-rekan blogger lainnya.




10 komentar:

  1. waaaahhhh tenang sajo, dg ngeblog kita bs kok menambah temen yg buanyaaaaakkkkkk dari sabang sampe merauke.....

    Dari sabang sampe merauke..... berjajar pulau-pulau.... sambung-menyambung menjadi satu..... itulah indonesia.... *LAH kok malah nyanyi* *blethak*

    hehehehehehe tetep SEMANGAT Blogging yak....
    GAMBATTE!!!!

    BalasHapus
  2. Blog sebagai ajang berbagi....mengembangkan jalinan persahabatan,

    Semangat Bro...!!!

    BalasHapus
  3. kalo aku ngeblog karena kehilangan di investasi online hehehe

    BalasHapus
  4. Salah satu kunci untuk bisa mahir menulis yaitu dengan BANYAK MEMBACA. Terutama tulisan-tulisan yang mempunyai alur yang rapi, enak dibaca, mudah dipahami, dan padat berisi.

    Setelah banyak membaca, ya wajib juga diikuti dengan banyak menulis. Manfaatkan saja blog mas ini sebagai sarana/lahan untuk mengasah kemampuan menulis. Yakin deh, kalo punya semangat belajar yang tinggi (disertai dengan semangat untuk bisa lebih baik lagi), maka menulis pada akhirnya akan menjadi sesuatu yang mudah.

    Salam kenal aja deh ya.

    BalasHapus
  5. setuju banget...blog itu memang mengasyikan tuk menyalurkan hobby dan mengalirkan dollar loh. sukses and lam kenal ya

    BalasHapus
  6. @ neng Aia: sambil menghibur hateee...
    @ Ferry : Iklan ....
    @ yang malezzz : betulll banget...
    @ IjoPunk : Tambah banyak temen,...
    @ Tony : pengen juga dapet duit online mas :)
    @ Kafe 28 : Thanks a lot sarannya sangat membangun
    @ Saifudin : jalan2
    @ Ayu : ditunggu $$$$ nya :)

    BalasHapus
  7. wa... nyaris mirip dengan latar belakang kenapa aku buat blog juga...

    enaknya.. nambah temen baru tiap hari, ya ga ya ga...

    BalasHapus
  8. anak batam yah??? sama donk...

    http://www.winway.co.cc

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tapi jangan spam & anonym tq

 
Top