Advertisement
Nama sama tapi nasib beda, begitulah yang pernah dibilang sama Ibunya Tio. Ya memang begitulah adanya, nasib tidak berbanding lurus dengan usaha yang kita upayakan. Menurut kita umat yang beriman menganggapnya karena ada "campur tangan" Tuhan, sedangkan menurut orang yang nggak beriman karena masalah keberuntungan saja. 
Analogi dari hal ini bisa diambil contoh kasus dari nama penulis sendiri. Ya satu lagi nama "Joko" yang lagi naik popularitasnya siapa lagi kalau bukan Jokowi, yup Gubernur Jakarta yang baru. Selain itu ada juga "Joko" yang jadi pengusaha, pimpinan perusahaan, kepala di berbagai instansi negara / pemerintahan, olahragawan, pekerja seni, "blogger", "pengemis", bahkan ada juga yang jadi "teroris".


Nama adalah doa, nama adalah harapan (bagi orang tua yang punya harapan tentu saja ....). Tapi menurut William Shakespeare, apalah arti sebuah nama? mutiara akan tetap bernilai walaupun terbungkus lumpur, bunga mawar akan tetap wangi jikapun disebut bunga bangkai begitu pula sebaliknya.

Lantas apa pengaruh nama terhadap nasib seseorang? ternyata masih tergantung dari proses selanjutnya seperti pendidikan dan pengalaman dalam menjalani kehidupan, termasuk sisi religi dan sosialnya (itu menurut saya, hehe ... ) menurut anda?

Tapi yang jelas salah satu kewajiban orang tua kepada anaknya adalah memberi nama yang baik (ingat : doa), selanjutnya berikan yang terbaik buat pendidikan nya (bukan memaksanya) dan usahakan untuk memberi lingkungan yang terbaik juga (ingat : usaha). Mungkin itu sekedar coretan untuk mengingatkan "diri sendiri" & calon orang tua.
= semoga bermanfaat =

6 komentar:

  1. Saya jadi inget sama salah seorang temen, yang lebih suka dipanggil Joko, alasannya karena nama itu adalah sebuah singkatan dari: ojo kondo kondo

    Maksudnya kalo lagi jalan sama dia, diem aja sehingga dia bisa ngaku-ngaku statusnya masih bujang :p

    BalasHapus
  2. biarpun nama adalah doa, akan tetapi doa juga harus dibarengi dengan kerja keras

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tapi jangan spam & anonym tq

 
Top