Advertisement
Mungkin itu kenyataan yang dialami dan disampaikan oleh John Chow, salah seorang Internet Marketer terkemuka dunia yang di situsnya sekarang sudah tidak lagi memasang Google Adsense.
Walaupun pada awalnya blog milik JohnChow menggunakan Google AdSense, namun sekarang pengunjung tidak akan menemukan AdSense di blog ini lagi, kecuali pengunjung melakukan pencarian. Tanpa urutan tertentu, berikut adalah alasan JohnChow menghapus Google AdSense dan mengapa pula Anda mungkin ingin melakukan hal yang sama.

Mendapatkan Uang Lebih Banyak dari Penjualan Iklan Sendiri
Tingkat CPC untuk iklan AdSense telah tergelincir sejak Google merilis layanan iklan. Sebagian besar pembaca sudah terbiasa untuk itu dan tidak lagi klik iklan. Dengan menjual ruang iklan sendiri John Chow menghasilkan uang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Google yang menjualkannya. Selain itu, dengan melakukan penjualan iklan sendiri, kita bisa menyimpan semua uang daripada harus membaginya dengan Google.

Kontrol Editorial Sangat Kecil
Google memiliki lebih dari 100.000 pengiklan dan kita hampir tidak memiliki kontrol atas mana yang bisa dan tidak bisa beriklan di blog Anda. Kita diperbolehkan meng-upload sebuah daftar sejumlah 200 untuk mengecualikan URL yang kita tidak ingin menampilkannya, tetapi hanya itu saja kontrol editorial yang kita punya.

Penargetan Bisa Jadi Semakin Jauh
Algoritma yang cocok antara iklan dengan konten blog kita tidak selalu bekerja. Sebagian besar mungkin sesuai dan wajar, namun ketika antara konten tulisan dengan iklan yang muncul sangat bertolak belakang?, itu bisa sangat memalukan. Bagaimana menurut Anda ketika kita menulis tentang efek samping meminum kopi yang merugikan kesehatan jantung, sementara iklan yang muncul adalah ikan sebuah produk kopi yang mengundang pengunjung untuk mengkonsumsinya, ironis kan?
Selama bergantung pada algoritma Google untuk mencocokkan iklan dengan konten, gangguan seperti di atas pasti akan terjadi. Mereka memalukan untuk pengiklan dan untuk Anda sebagai seorang blogger.

Anda Biarkan Pengiklan Situs yang Sesuai Untuk Beriklan Secara Murah
Ketika kita menemukan sebuah blog yang menawarkan iklan pribadi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa untuk melihat apakah mereka juga menjalankan Iklan Google. Jika mereka melakukannya, maka kita akan menggunakan “Google SiteMatch” sebagai cara “backdoor” untuk mendapatkan iklan kita ke blog mereka.

“SiteMatch” memungkinkan kita untuk menargetkan satu situs dengan menggunakan kata kunci untuk menentukan di mana iklan kita muncul. Tingkat “SiteMatch” umumnya selalu lebih murah daripada membeli langsung dari situs. Google akan menetapkan harga “SiteMatch” berdasarkan eCPM dari iklan CPC. Sebagian besar waktu, JohnChow tidak pernah mengajukan tawaran lebih dari $ 1 CPM untuk mengambil alih seluruh inventaris situs yang dia sedang targetkan.

Google AdSense Membuat Pembaca Meninggalkan Situs Kita
Ini adalah nomor satu alasan untuk menghapus Google AdSense. Ketika pembaca mengklik iklan tersebut, mereka meninggalkan blog kita (iklan tidak membuka di jendela browser baru). Meskipun Google tidak memiliki beberapa iklan CPM, mayoritas dari mereka adalah berbasis CPC. Itu berarti dalam rangka untuk membuat uang dengan AdSense, pembaca harus meninggalkan situs kita. Ketika blog kita masih baru dan kita mencoba untuk membangun pembaca, hal terakhir yang kita inginkan adalah bagi pembaca untuk tidak meninggalkan.

Karena iklan AdSense berdasarkan klik, semua orang mencoba untuk mengoptimalkannya, untuk meningkatkan laju klik dan oleh karena itu, meningkatkan jumlah orang yang meninggalkan. Dan itu untuk apa? Jadi untuk bisa membuat 25 sen? Untuk blog baru, ini adalah pemikiran terlihat sangat pendek. Anda ingin membangun hubungan dengan pembaca Anda dengan membuat mereka memilih ke milis Anda. Anda tidak ingin mengirim mereka pergi dengan mengklik pada iklan Google.
Memaksimalkan pendapatan blog adalah semua tentang memaksimalkan pendapatan seumur hidup setiap pembaca. Dengan membangun hubungan dengan pembaca baru, bukan mencoba untuk mendapatkan dia untuk klik pada iklan Google (dan tidak pernah melihatnya lagi), sehingga akan tumbuh pembaca blog Anda dan akan menghasilkan uang jauh lebih banyak dari Iklan Google yang bisa membayar Anda.

Sayangnya cara di atas baru bisa diterapkan untuk blog/website yang menggunakan platform Wordpress atau semacamnya, sedangkan untuk blogspot sejauh ini belum bisa. Karena untuk Wordpress bisa dilakukan dengan memasang plugin OIOPublisher. Kapan ya fasilitas semacam OIOPublisher ada di blogspot?


OIOpublisher

4 komentar:

  1. buat yang suka bermain PTC Di SINI telah saya kumpulkan lebih dari 100 SITUS PTC , sebagai referensi untuk anda memulai Bisnis online

    BalasHapus
  2. apa yg dikemukakan jhon cow emang bener sih...apa lagi adsense harus genap $100 baru kita dibayarr..mau tungu sampe kapan neh bagi blog kita yg pengunjungnya tdk sebanyak jhon cow :)

    BalasHapus
  3. kalau traffic blog sudah tinggi, apa pengaruh adsense-nya? trims.

    BalasHapus
  4. @abbaz : dengan adanya traffic yang tinggi, maka "kemungkinan"...... sekali lagi "kemungkinan" besar adsense yang dipasang di blog kita akan diklik pengunjung, begitu brow, kemungkinan itu akan makin besar kalau kita bisa/pandai membuat semacam "sales market" yang menarik, kelihatannya udh jd publisher ya? good luck :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tapi jangan spam & anonym tq

 
Top