Advertisement

Ada banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan adanya internet saat ini, beberapa diantaranya adalah kemudahan mengakses informasi maupun mendistribusikan informasi itu sendiri. Kita bisa berperan sebagai objek maupun subjek atas informasi yang beredar di internet itu.
Namun disini saya tidak membahas lebih jauh keuntungan adanya internet itu, saya hanya mencoba memberi gambaran buat rekan-rekan yang masih gamang untuk mencoba membuat blog/website pribadi. Sekarang sudah banyak sekali Situs/website yang menyediakan tempat untuk pembuatan blog/weblog secara gratiiis !!!!

Beberapa yang paling banyak dipakai adalah :

  • Multiply (www.multiply.com)
  • Blogger (www.blogger.com)
  • Wordpress (www.wordpress.com)


  • MULTIPLY MULTIPLY adalah salah satu penyedia blog yang bisa kita pilih karena pernak-pernik (widget) yang cukup lengkap yang ditawarkan oleh penyedia jasa layanan blog gratis ini. Mulai dari Blog, Musik, Video dan lainnya semua disediakan di Multiply. Selain itu karena "KKN" bareng Yahoo maka ada kemudahan terindex oleh Yahoo. Tapi kelemahan yang mungkin ada menurut saya adalah blog agak susah untuk memodifikasinya selain itu juga agak berat untuk dibuka (ini menurut saya atau mungkin ada cara buat menutupi kekurangannya). Selanjutnya bisa dilihat bagaimana bila kita belum punya akun di Multiply dan ingin membuatnya. Kita tinggal klik Sign Up seperti di screen shot yang letaknya di sebelah kiri bawah.
    Selanjutnya kita disuruh mengisi form yang seperti di bawah ini, atau bisa langsung klik di sini.










    BLOGGER
    Blogger/Blogspot adalah penyedia blog gratis yang menurut saya sangat mudah untuk dikembangin atau dimodif, selain itu penggunanya banyak sekali. Blogger sangat familiar dengan mesin pencari (Search Engine) Google, ups kebalikannya ya ... itu dikarenakan Blogger dibeli sama Google. Jadi, yaa iyalah mosok punya sendiri tidak kenal.
    Belum punya akun Blogger/Blogspot, klik aja di SINISelanjutnya ikuti petunjuknya, seperti yang di samping kiri bawah ini.







    WORDPRESS
    WORDPRESS merupakan penyedia layanan blog gratis yang berbasiskan CMS (ContentManagement System) kalau nggak salah, untuk wordpress yang gratis sendiri kita akan kesulitan memaksimalkan tampilan blog. Akan tetapi bila kita membuat domain & hosting sendiri yang berbayar menggunakan Wordpress akan lebih bagus. So, silahkan pilih.







    Update : Multiply.com sudah tutup







    1 komentar:

    1. Txu brur info dan ilmunya, jadi pengen coba multiply nih. Good post.

      BalasHapus

    Silahkan tinggalkan komentar anda tapi jangan spam & anonym tq

     
    Top