Advertisement
Joko Blog | Kemarin (tanggal 04-10-2016) ada rekanan telkomsel yang datang ke kantor untuk menawarkan upgrade kartu simpati lama kekartu baru yang bisa mengakses 4G LTE, berikut kelebihan serta kekurangan dari 4G LTE tersebut.

Kelebihan Teknologi 4 G LTE :
  • Teknologi LTE secara teoritis menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan Uplink 75 Mbps.
  • LTE menggunakan Orthogonal Frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melalui banyak operator spektrum radio yang masing-masing nya sebesar 180 kHz. OFDM melakukan transmisi dengan cara membagi aliran data menjadi banyak aliran-aliran yang lebih lambat yang ditransmisikan secra serentak. Dengan menggunakan OFDM memperkecil kemungkinan terjadinya efek multi path.
  • Meningkatkan kecepatan transmisi secara keseluruhan, channel transmisi yang digunakan LTE diperbesar dengan cara meningkatkan kuantitas jumlah operator spectrum radio tanpa mengganti parameter channel spectrum radio itu sendiri. LTE harus bisa beradaptasi sesuai jumlah bandwith yang tersedia.
  • LTE mengadopsi pendekatan all-IP. Menggunakan arsitektur jaringan all-IP ini menyederhanakan rancangan dan implementasi dari antar muka LTE, jaringan radio dan jaringan inti, hingga memungkinkan industri wireless untuk beroperasi layaknya fixed-line network.
4G LTE TelkomselKekurangan Teknologi 4 G LTE :
  • Kekurangan yang dimiliki oleh teknologi LTE antara lain adalah biaya untuk infrastruktur jaringan baru realtif mahal. Selain itu jika jaringan harus diperbaharui maka peralatan baru harus diinstal.
  • Selain itu teknologi LTE menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output), teknologi yang memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk transmisi data. 
  • Sebagai akibatnya jika terjadi pembaharuan jaringan maka pengguna perlu membeli mobile device baru guna mengguna infrastruktur jaringan yang baru.
Jadi secara umum kelebihan yang bisa didapat dengan menggunakan jaringan 4G LTE ini adalah kecepatan untuk mengakses internet yang berlipat kali dibanding dengan jaringan 3G atau 3.5G apalagi bila dibandingkan dengan jaringan 2G akan sangat jauh bedanya.

Namun ternyata menurut saya nih, ada satu hal yang mengganjal kalau tidak bisa dibilang kelemahan. Apakah itu?...Pada awalnya saya ragu untuk upgrade kartu lama simpati saya yang hanya mentok di jaringan 3.5G ke 4G, dengan menanyakan banyak hal kepada pihak yang menawarkan upgrade kartu 4G tersebut. Termasuk apakah akan ada yang hilang data dari kartu yang lama saya. Yang pasti kontak dikartu lama akan hilang, untuk itu harus dicopy dulu ke device (hp yang support jaringan 4G) kita lebih dahulu. Dan setelah diupgrade kekartu yang baru (4G) ternyata yang saya duga jadi kenyataan. Ada menu TSel yang hilang yaitu menu Bank yang selama ini jadi andalan saya, .... waduh.

So, bagi yang ingin upgrade ke jaringan 4G mungkin perlu dipertimbangkan lagi mengingat belum begitu banyak area yang tercover jaringan 4G tersebut. Selain HP yang support jaringan 4G dan tentu saja menu TSel Bank yang bagi saya sangat simple namun juga sangat bermanfaat.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tapi jangan spam & anonym tq

 
Top